03 July 2009

Saje nak letak entry nie... ekekeke...

TANDA-TANDA KEHAMILAN

Ada banyak tanda-tanda kehamilan. Berikut beberapa tanda yang menunjukkan kemungkinan anda hamil:
1. Haid tak datang.
Ini pertanda awal kehamilan, apalagi jika haid biasanya teratur. Dikombinasikan dengan tanda-tanda positif yang lain, kemungkinan besar anda memang hamil.
Patutnye peod on 1st july tp till now takde lg...mmmm.....

2. Muncul flek dan kram
Saat anda hamil, biasanya ditandai dengan munculnya flek pink di celana dalam yang terjadi saat implantasi (manakala embrio menempel di dinding uterus. Hal ini terjadi sekitar 8-10 hari menyusul ovulasi, sedikit lebih awal dibanding datangnya waktu haid). Kadang kita salah mengertikannya sebagai haid, hanya waktunya lebih pendek ketimbang menstruasi normal. Kram juga umum terjadi di awal kehamilan.
Ermm.. 26th june aritu mmg ingtkan peod sbb mcm ade tanda2 awl peod kuar.. Tp hari kedua takde.. then tunggu till hr ke-3 takde juge.. trus stat smbhyang blk.. pastu perut selalu rase tegang2.. satu mlm tu takleh tdo n kejut hubby mintak tlg urutkan.. uhuhuhu...

3. Mual dan muntah
Jika anda hamil, pada awal kehamilan, beberapa hari setelah pembuahan, mungkin akan mengalami morning sickness. Sebenarnya morning sickness ini nama yang salah, karena pada kenyataannya mual dan muntah bisa terjadi kapan saja: pagi, siang, malam.
Biasanya, kedua tanda ini mulai terasa pada usia kehamilan 2-8 minggu setelah pembuahan. Lalu, berhenti begitu sahaja apabila memasuki bulan ke-4.Sebenarnya, mual dan muntah timbul karena terjadinya perubahan berbagai hormon dalam tubuh pada awal kehamilan. Meski begitu, kondisinya pada setiap ibu hamil tidak sama. Ada yang ringan, namun ada pula yang berat. Bahkan, bisa muntah-muntah berat (hiperemesis gravidarum)
Ermm.. yang ni takde plak.. just rase mual2 mcm time peod..
4. Lelah berlebihan
Jika anda hamil, gejala yang paling umum dalam delapan hingga sepuluh minggu pertama adalah rasa lelah. Saat hamil, tubuh mengalami perubahan metabolisme yang signifikan. Seluruh tubuh Anda perlu melakukan penyesuaian terhadap proses baru bertumbuhnya janin. bagi sebagian besar wanita, kelelahan akan pergi saat usia kehamilan 12 minggu.
Naik tangga tingkat satu pun rase lelah juge...
5. Puting/payudara terasa bengkak
Jika Anda hamil, Anda akan mengenali bahwa payudara dan putingnya menjadi lebih lembut sekitar tiga pekan setelah pembuahan (saat haid terlambat sekitar seminggu). Mungkin payudara terasa bengkak, serupa dengan saat menjelang haid.
Ermm... biase klau peod pun mmg selalu rase bengkak2 kat situ.. =(
6. Penggelapan areola
Pada kehamilan awal, Anda mungkin mengenali daerah areola (daerah gelap yang mengelilingi puting payudara) mulai menjadi lebih gelap dan diameternya membesar. Diyakini bahwa bertambah gelapnya warna areola membantu bayi yang baru lahir menemukan puting untuk menyusu. Anda mungkin juga akan mengenali bahwa vena di payudara menjadi lebih kelihatan karena penegangan payudara.
Tak perasan plak ;p
7. SembelitBuang air besar menjadi sulit dan tidak lancar?
Ini lazim terjadi pada awal kehamilan. Hormon tambahan yang diproduksi pada masa kehamilan menyebabkan usus halus lebih lentur dan menjadi kurang efisien.
So far ok lagi la...
8. Naiknya temperature asal tubuh
Jika hamil maka suhu basal tubuh meningkat, saat masa haid yang harusnya datang terlewat. dan tidak turun ke level sebelum terjadi ovulasi. Saat terjadinya pembuahan, ovum dibuahi di tuba falopii, dan membutuhkan sekitar seminggu untuk ke rahim, dimana ovum terbuahi akan menempel di sana.
Ermmm... selalu time hubby blk kije, dia hug n selalu ckp bdn caye pns.. mcm demam.. tp caye tak demam pun.. bdn mmg panas..nak ckp nape pun tak tau...huhuuhu
9. Sering buang air kecil
“Kebiasaan” baru ini sering timbul pada bulan-bulan pertama kehamilan. Ini terjadi karena rahim yang mulai membesar itu menekan kandung kemih. Umumnya, ini mulai terasa sekitar 6-8 minggu setelah pembuahan.Begitu rahim keluar dari rongga panggul, keluhan ini akan berkurang. Namun, Anda akan mulai sering-sering buang air kecil lagi pada trimester terakhir karena janin mulai masuk rongga panggul.
Dulu sgt jarang buang air kecil sbb caye tak suke minum air.. tp skang ni mcm selalu juge gi toilet wpun lepas minum air segelas je..
10. Membesarnya payudara
Meningkatnya hormon kehamilan, yakni estrogen dan progesteron, memang dapat mempengaruhi perkembangan kelenjar susu. Jangan heran, kalau payudara Anda terlihat agak membengkak atau terasa lebih lembut dari biasanya. Ini bisa terjadi beberapa hari setelah pembuahan.Puting susu dan areola (daerah sekitar puting susu) juga akan berwarna lebih gelap. Biasanya, ini terjadi sekitar 3 minggu sesudah pembuahan.
Tak perasan plak.. lom lagi kot.. ;p
11. Melunaknya rahim dan leher rahim
Biasanya, terjadi sekitar usia kehamilan 2-8 minggu.
Apa maksudnye nie?? Dok phm caye.. bhs indon kot.. ;p
12. Tidak ada nafsu makan
Mungkin ada hubungannya dengan mual mual diatas.
Mmg takde selera mkn sgt tp cepat juge rase lapo.. ekekeke
13. Vaginal Discharge /Keputihan atau keluarnya cairan berlebihan dari vagina karena pengaruh hormonal.
Hal ini termasuk normal. Namun sebaiknya terus dilakukan observasi jika terjadi perubahan warna, bau dan terjadi gatal2 atau rasa "burning".
So far tak kritikal lg la...
14. Insomnia Beberapa kasus, biasanya ibu hamil mengalami sulit tidur.
Caye kuat tido.. kul 12 mesti tido.. ;p
15. Rahim dan perut membesar
Umumnya, dimulai pada usia kehamilan 8-12 minggu.
Lom lg.. mcm ok je lagi perutku nie ;p
Kesimpulannye... setelah diteliti sendiri.. mmg la ade byk tanda yg berkaitan.. tp still takleh nak kompem lg... am i pregnant??? nnti2 la check... ;p

3 comments:

S u H a I d A said...

hahaha..dah check dah kan???confirm dah!!!tahniah!!!

DaNia said...

dilla pun da tau..oyeh! oyeh!

congrats tau. take good care of yrself okayh..

p/s: nti Sue leh jd babysitter..kan? kan? kan? hehehehe~

EKIN RASHID said...

hihi... ermmm... itu la.. betul rupenye petanda2 tu.. ;p

p/s: hehe.. aah dilla.. mmg akak nak suruh su jd baby sitter sbb dia excited nak suh akk ade baby... hahaha..kan dah masin mulut su ;p

Post a Comment